PETUNJUK DAN PERSYARATAN APLIKASI LAYANAN APEKESAH

TENTANG APLIKASI LAYANAN APEKESAH V1.0

 

Aplikasi Layanan Apekesah

Layanan Apekesah adalah layanan berbasis mobile applications dan website yang dapat digunakan oleh seluruh masyarakat di wilayah kota Batam untuk membuat laporan pengaduan. Aplikasi ini dibuat dan dikembangkan oleh Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Pemerintah Kota Batam yang dimulai sejak tahun 2017. Aplikasi Layanan Apekesah ini melibatkan partisipasi publik dan bersifat dua arah, yang digunakan sebagai alat untuk menyampaikan aduan dari masyarakat kepada pemerintah. Masyarakat dapat memberikan pengaduan yang ditemukan di wilayah kota Batam dan nantinya akan ditindaklanjuti oleh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, serta akan dipantau langsung oleh pimpinan daerah, yaitu walikota, wakil walikota dan sekretaris daerah.

 

Pengaduan

Masyarakat dapat mengirim aduan melalui layanan Apekesah pada mobile applications dan website dengan alamat https://apekesah.batam.go.id. Pada aduan tersebut harus lengkap informasi lokasi dan tanggal peristiwa yang diadukan, serta deskripsi aduannya. Masyarakat dapat memilih OPD yang dituju untuk menindaklanjuti aduan tersebut. Aduan yang dikirimkan masyarakat akan segera diproses tindak lanjutnya oleh OPD terkait dalam waktu maksimal 2 x 24 jam.

 

Tindak Lanjut Pengaduan

Aduan yang dikirim oleh masyarakat akan ditindaklanjuti oleh OPD terkait. Waktu yang dibutuhkan OPD untuk memberikan respon terhadap aduan yang masuk adalah 2 x 24 jam, selanjutnya untuk menindaklanjuti aduan yang masuk tergantung kepada permasalahan dari aduan itu sendiri. Masyarakat dapat mengetahui perkembangan tindak lanjut aduan yang dikirimkan melalui status aduan, yaitu:

  • Submitted (Terbuka) → Aduan diterima oleh OPD terkait.

  • Process (Terbuka) → Aduan sedang ditindaklanjuti oleh OPD terkait.

  • Pending – Perwaktu (Terbuka) → Aduan menunggu untuk dikerjakan dalam waktu dekat.

  • Pending – Catatan (Tertutup) → Aduan menunggu untuk dikerjakan dalam jangka waktu yang cukup lama, misalnya aduan akan dapat ditindaklanjuti jika anggaran pemerintah telah tersedia.

  • Dibatalkan (Tutup) → Aduan dibatalkan oleh OPD terkait dengan catatan tertentu.

  • Selesai (Tutup) → Aduan telah selesai ditindaklanjuti. 

 

PETUNJUK DAN SYARAT

 

Syarat Penggunaan

Syarat Penggunaan ini mengatur penggunaan Anda terhadap layanan yang tersedia pada aplikasi Apekesah yang diakses melalui website atau aplikasi di handphone. Syarat Penggunaan dan peraturan-peraturan lain yang berlaku di dalam aplikasi ini berlaku bagi semua pengguna layanan, termasuk pengguna yang juga merupakan pengakses, pengirim aduan dan penyedia tindak lanjut di dalam layanan. Dengan demikian, Syarat Penggunaan ini berlaku bagi seluruh pengguna Apekesah, baik yang menggunakan website, maupun mobile applications. Dengan mengakses, menelusuri atau menggunakan aplikasi ini, Anda memahami dan setuju untuk mengikuti dan terikat oleh Syarat Penggunaan ini tanpa modifikasi, dan peraturan-peraturan lainnya dalam aplikasi ini yang mungkin dipublikasikan dari waktu ke waktu oleh aplikasi Apekesah. Bila Anda tidak menyetujui Syarat Penggunaan dan peraturan lainnya dalam aplikasi ini, kami mempersilakan Anda untuk tidak mengakses, menelusuri atau menggunakan layanan. Kami berhak untuk memperbaharui atau merevisi Syarat Penggunaan ini sewaktu-waktu sesuai kebijakan kami. Oleh Karena itu, kami menghimbau Anda untuk melihat dan mengetahui Syarat Penggunaan yang berlaku dan mengikat Anda. Bila Anda melanjutkan penggunaan layanan, berarti Anda menerima dan menyetujui Syarat Penggunaan ini, termasuk perubahan atau modifikasi apapun yang dibuat oleh aplikasi Apekesah seperti disebutkan di atas.

 

Petunjuk Aplikasi Layanan Apekesah

Aplikasi Layanan Apekesah adalah sebuah layanan online untuk menampung aspirasi, pengaduan dan informasi dari masyarakat mengenai layanan publik atau suatu peristiwa yang terjadi di wilayah kota Batam. Aplikasi ini dapat mencakup penyampaian aduan, lokasi dan waktu peristiwa dan aduan, tindak lanjut aduan dan status aduan. Pada aplikasi ini, masyarakat dapat mengirimkan aduan tersebut langsung ke Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang dituju dan berkapasitas menindaklanjuti aduan tersebut. Administrator layanan Apekesah dan administrator dari masing-masing OPD berhak untuk mengesahkan aduan dengan meninjau kontennya sesuai dengan kebijakan dan prosedur yang ada dalam Syarat dan Petunjuk Penggunaan.

Layanan Apekesah memiliki alur kerja untuk mengatur proses tindak lanjut aduan dan pemberian status pada masing-masing aduan. Semua aduan akan tampil juga di website layanan Apekesah. Administrator OPD dan pimpinan (Walikota, Wakil Walikota dan Sekretaris Daerah) dapat menjawab aduan yang diterimanya melalui kolom komentar. Masyarakat yang membuat pengaduan tetap dapat merespon kembali jawaban dari Administrator OPD dan melakukan interaksi hingga aduan dianggap selesai.

Jika pengaduan tidak memberi respon baik dalam waktu 2 x 24 jam terhitung sejak OPD menerima aduan (status aduan: Submitted), maka layanan Apekesah akan memberikan notifikasi tentang aduan tersebut kepada pimpinan dan Administrator layanan Apekesah. Apabila status aduan adalah selesai, semua pengguna tidak akan dapat menambahkan tindak lanjut lagi, dan juga tidak dapat memberikan respon dan foto melalui kolom komentar.

Dengan mengakses dan menggunakan layanan Apekesah, di samping mematuhi ketentuan-ketentuan dalam Syarat Penggunaan ini, Anda juga setuju untuk mematuhi Petunjuk Penggunaaan Apekesah yang dimuat pada website Apekesah. Tim layanan Apekesah berhak untuk menindaklanjuti atau menghapus aduan. Walaupun layanan ini telah disusun dengan sebaik-baiknya, kami tidak membuat jaminan, tersurat maupun tersirat, bahwa penggunaan aplikasi layanan Apekesah tidak akan terganggu, tepat waktu, atau bebas dari kesalahan.

 

 

Mengakses/Menggunakan Aplikasi Layanan Apekesah

Dalam penggunaan layanan, Anda setuju bahwa:

  1. Anda telah memberikan aduan/informasi yang benar, akurat, terkini dan lengkap kepada layanan Apekesah melalui mobile application, atau website layanan Apekesah sehubungan dengan segala penggunaan atau akses terhadap aplikasi layanan Apekesah;

  2. Anda akan menjaga aduan/informasi ini sehingga tetap benar, akurat, terkini, lengkap, dan sesuai dengan tujuan-tujuan dari layanan.

Pembatasan pada Penggunaan Anda

Anda diperbolehkan untuk mengakses layanan untuk penggunaan pribadi dengan tunduk kepada ketentuan-ketentuan dalam Syarat Penggunaan dan ketentuan lain yang ditetapkan oleh kami, sebagaimana dapat kami ubah atau perbaharui dari waktu ke waktu. Anda dilarang untuk:

  1. Menggunakan layanan untuk tujuan melawan hukum;

  2. Menggunakan layanan untuk mem-posting atau mengkomunikasikan: (i) materi yang melanggar hukum, melecehkan, memfitnah, melanggar privasi, kasar, membahayakan, vulgar, mengandung pornografi, cabul, tidak senonoh, rahasia, tertutup atau pantas dipertanyakan; (ii) materi apapun yang bersifat komersial; atau (iii) materi yang menyalahi, mengambil alih secara tidak sah atau melanggar hak cipta, merek dagang, hak paten atau hak kepemilikan apapun dari pihak ketiga manapun; (iv) materi yang dapat menimbulkan keresahan di masyarakat dan bersifat SARA;

  3. Menggunakan layanan untuk kepentingan komersial;

  4. Mem-posting tautan ke website eksternal yang tidak senonoh dan mengandung pornografi ataupun mem-posting atau mengkomunikasikan iklan komersial, surat berantai, tawaran pekerjaan atau iklan baris atau iklan pribadi;

  5. Menggunakan layanan untuk menyediakan materi yang mengandung virus atau fitur lainnya yang mencemari atau merusak;

  6. Menipu atau menyalin dalam bentuk apapun berkenaan dengan layanan yang ditawarkan;

  7. Membuat sebuah akun atau memberikan sebuah informasi lainnya dengan alasan palsu, dengan informasi yang salah atau tidak lengkap, atau menyesatkan orang lain;

  8. Menggunakan aplikasi dan website layanan Apekesah secara bertentangan dengan perjanjian lain yang Anda punya, termasuk tanpa batasan, perjanjian kerja;

  9. Meyebabkan, memungkinkan, atau membantu orang lain untuk menggunakan akun Anda atau berkedok sebagai Anda, atau login ke server atau akun yang Anda tidak diijinkan untuk mengakses;

  10. Memalsukan username, memanipulasi pengidentifikasi, atau meniru orang lain atau mengaburkan identitas Anda atau afiliasi Anda dengan orang atau identitas tertentu;

  11. Meniru atau memalsukan penggunaan aplikasi layanan Apekesah;

  12. Menyebabkan, memungkinkan atau menggunakan mesin, atau layanan otomatis untuk mengakses atau menggunakan layanan Apekesah ini tanpa izin tertulis dari layanan Apekesah;

  13. Merusak, atau mencoba mengganggu fungsi, operasi, atau keamanan dari layanan Apekesah, termasuk, namun tidak termasuk pada memperkenalkan virus, worm, Trojan Horse, atau kode berbahaya lainnya yang serupa ke dalam layanan Apekesah, atau mencoba probe, scan atau uji kerentanan layanan Apekesah atau sistem yang berhubungan atau jaringan, atau apabila ada pelanggaran keamanan, otentikasi atau aturan penggunaan materi atau tindakan, atau overloading, flooding, spamming, mail bombing, pinging atau crashing layanan Apekesah;

  14. Mengumpulkan alamat email atau informasi kontak lainnya dari pengguna lain atau klien dari layanan Apekesah dengan cara elektronik lainnya;

  15. Melakukan reverse engineering, decompiling, disassembling, deciphering, atau mencoba untuk memperoleh source code untuk setiap kekayaan intelektual yang digunakan untuk menyediakan layanan Apekesah;

  16. Terlibat dalam framing, mirroring, atau mensimulasikan tampilan atau fungsi dari layanan Apekesah; atau

  17. Pemalsuan TCP/IP header paket atau bagian dari informasi header pada setiap header di setiap email atau newsgroup.

Pelanggaran keamanan sistem atau jaringan dapat melahirkan kewajiban perdata atau pidana. Anda sendiri akan bertanggung jawab sepenuhnya untuk setiap kerugian yang ditimbulkan akibat pelanggaran apapun terhadap pembatasan-pembatasan atau dampak-dampak yang merugikan lainnya yang disebabkan oleh isi laporan, komentar, tindak lanjut atau materi yang Anda cantumkan melalui layanan ini.

Administrator layanan Apekesah berhak sesuai kebijakannya untuk menghapus, memindahkan, atau menyunting Konten Pengguna yang dianggapnya sesuai dengan kebijakannya, melanggar Syarat Penggunaan ini atau tidak dapat diterima. Administrator layanan Apekesah dapat menghapus, menyunting, atau menolak Konten Pengguna sewaktu-waktu untuk alasan apapun tanpa pemberitahuan kepada Anda. Administrator layanan Apekesah berhak untuk mengklaim kembali nama pengguna atas nama suatu bisnis atau individu yang memegang klaim hukum atau merek dagang pada nama-nama tersebut. Akun nama usaha yang menggunakan dan/atau logo lain yang dimaksudkan untuk menyesatkan pengguna lain akan dihentikan secara permanen.

 

Kebijakan Privasi

Untuk menggunakan beberapa fitur aplikasi dan website layanan Apekesah, pengguna mungkin perlu untuk memasukkan data pribadi mereka melalui proses pendaftaran, yang akan disampaikan atas keinginan Anda sendiri. Data kontak pengguna akan kami rahasiakan dari pengguna lainnya maupun dari instansi pemerintah terlapor. Data kontak pengguna dapat kami berikan kepada instansi pemerintah terlapor hanya untuk kepentingan pendalaman materi laporan. Data pribadi dan kontak termasuk tetapi tidak terbatas pada:

  1. Nama

  2. Email

  3. Password akun layanan Apekesah

  4. Alamat

  5. Nomor telepon

Adapun beberapa informasi Anda yang dapat kami kumpulkan melalui sarana teknologi termasuk:

  • Cookie

Cookie adalah arsip teks yang ditulis oleh browser ke komputer yang berisi informasi yang dikirim oleh server. Informasi tersebut kemudian dapat digunakan untuk mengidentifikasi dan transfer informasi melalui fitur-fitur pada aplikasi dan website layanan Apekesah yang diperlukan.

  • Alamat IP

Layanan Apekesah menyimpan catatan IP (Internet Protocol) alamat atau lokasi komputer Anda untuk keperluan sistem administrasi kami.

  • File Log

Data log hanya akan digunakan untuk analisis kebutuhan. Kami tidak membagikan informasi dengan instansi, organisasi, dan individu di luar layanan Apekesah, kecuali salah satu keadaan berikut berlaku:

  • Dengan persetujuan Anda

Kami akan membagi informasi pribadi dengan kementrian/lembaga, organisasi, dan individu di luar layanan Apekesah, jika kami mendapatkan persetujuan dari Anda untuk melakukannya, karena kami memerlukan persetujuan keikutsertaan untuk berbagi informasi pribadi yang sensitif.

  • Untuk Pemrosesan Eksternal

Kami memberikan informasi pribadi ke instansi, organisasi, dan individu maupun orang terpercaya lainnya untuk memrosesnya untuk keperluan kami, berdasarkan petunjuk kami dan sesuai dengan Kebijakan Privasi serta kerahasiaan dan langkah keamanan lain yang sesuai.

  • Untuk Tujuan hukum

Kami akan membagikan informasi pribadi dengan instansi, organisasi, dan individu di luar layanan Apekesah, jika kami berkeyakinan dengan itikad baik bahwa akses, penggunaan, penyimpan, atau pengungkapan informasi tersebut perlu untuk:

  1. Memenuhi hukum, peraturan, dan proses hukum yang berlaku atau permintaan Pemerintah yang wajib dipenuhi;

  2. Menegakkan Syarat Penggunaan yang tersedia, termasuk penyelidikan pelanggaran potensial;

  3. Mendeteksi, mencegah, atau menangani penipuan, keamanan, atau masalah teknis; atau

  4. Melindungi dari ancaman terhadap hak, properti atau keamanan layanan Apekesah, pengguna kami atau publik seperti yang diharuskan atau diizinkan oleh hukum.

Kebijakan Privasi kami dapat berubah dari waktu ke waktu. Kami akan memuat perubahan Kebijakan Privasi apapun pada laman ini.

 

Ganti Rugi

Layanan Apekesah dalam keadaan apapun tidak bertanggung jawab atas kerugian apapun, baik yang langsung maupun tidak langsung, yang timbul dari penggunaan atau ketidakmampuan untuk menggunakan layanan Apekesah, namun tidak terbatas pada operasi, konten, atau informasi, atau materi yang terdapat di dalamnya, atau penggunaan atau ketidakmampuan untuk menggunakan layanan Apekesah yang terkait dengan layanan Apekesah, atau konten apapun yang terdapat dalam layanan Apekesah, atau kebijakan privasi yang berlaku atas layanan Apekesah meskipun jika layanan Apekesah telah melaporkan tentang kemungkinan adanya kerusakan. Anda secara tegas menyatakan setuju bahwa penggunaan layanan Apekesah ini sepenuhnya resiko Anda sendiri.

Jika Anda menemukan penyalahgunaan password atau akun Anda, atau bentuk-bentuk penerobosan keamanan lainnya, maka hal ini dapat dilaporkan melalui email ke alamat email layanan Apekesah apekesah@batam.go.id. Namun, dengan menggunakan layanan ini, Anda setuju untuk membela, membebaskan, dan tidak menyalahkan layanan Apekesah dan entitas afiliasinya dari segala gugatan atau tuntutan, termasuk biaya pengacara yang sewajarnya, yang timbul dari penggunaan atau penyalahgunaan Anda terhadap layanan atau penggunaan penyalahgunaan Anda terhadap konten layanan oleh pihak ketiga bahkan bila menggunakan kata sandi Anda. Bagian ganti rugi dari Syarat Penggunaan layanan ini tetap berlaku setelah penghentian akun layanan Anda atau penggunaan layanan Anda.

 

Perselisihan dengan Pengguna Layanan

Layanan Apekesah tidak wajib menginvestigasi, memantau, menengahi atau menyelesaikan perselisihan apapun yang mungkin Anda miliki dengan pengguna layanan lain walaupun kami dapat mengambil tindakan tersebut sesuai kebijakan. Jika Anda menemukan pelanggaran hak kekayaaan intelektual Anda dalam website layanan Apekesah, maka Anda dapat melaporkan hal tersebut ke OPD Dinas Kominfo melalui alamat email apekesah@batam.go.id dengan menyertakan informasi:

  1. Deskripsi kekayaan intelektual yang Anda klaim telah dilanggar.

  2. Deskripsi di mana materi yang Anda klaim telah dilanggar berada di website layanan Apekesah.

  3. Alamat, nomor telepon yang dapat dihubungi, dan alamat email.

  4. Informasi lainnya yang menurut Anda penting.

 

Modifikasi Layanan

Layanan Apekesah dapat kapanpun berubah atau menghentikan, secara temporer maupun permanen, layanan ini tanpa pemberitahuan, tidak bertanggung jawab kepada siapapun untuk setiap modifikasi, penundaan, dan penghentian website ini.

 

FREQUENTLY ASKING QUESTION (FAQ)

 

Q: Bagaimana masyarakat mendapatkan layanan Apekesah?

A: Masyarakat dapat men-download aplikasi layanan Apekesah melalui aplikasi Play Store di Android atau pada alamat website https://play.google.com/store/apps/details?id=id.go.batam.apekesah.v1 baik melalui perangkat komputer atau perangkat seluler.

 

Q: Apakah layanan Apekesah ini berbayar?

A: Layanan Apekesah ini gratis dan tidak ada dipungut biaya apapun, baik saat men-download aplikasi layanan Apekesah, maupun dalam penggunaannya.

 

Q: Bagaimana gambaran alur kerja layanan Apekesah?

A: Berikut ini adalah gambar alur kerja layanan Apekesah:

isi aja gambarnya

Q: Bagaimana cara membuat aduan pada layanan Apekesah?

A: Cara membuat aduan pada layanan Apekesah terdapat di dalam manual book aplikasi layanan Apekesah yang dapat Anda download pada aplikasi ini. Poin penting yang harus dilakukan adalah:

  • Uraikanlah aduan secara jelas, lengkap dan kronologis.

  • Sebutkan waktu dan lokasi peristiwa dalam aduan tersebut.

  • Gunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar.

  • Lampirkan bukti pendukung seperti foto.